Sunday, January 18, 2015

Menelusuri Situs Purba di Gunung Muria Jawa Tengah

Sangiran merupakan salah satu situs manusia purba yang sangat terkenal di dunia yang ada di Jawa Tengah, namun ternyata situs purba di Jawa Tengah bukan hanya Sangiran karena masih ada situs purba lain yaitu situs Patiayam yang ada di Gunung Muria. Situs Patiayam terletak di Pegunungan Patiayam, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dan masuk dalam wilayah Gunung Muria. Selain Situs Patiayam, di Gunung Muria juga terdapat makam Sunan Muria salah satu Walisongo.
Di situs Patiayam ini sudah ditemukan ribuan fosil-fosil yang sebagian sudah disimpan di Museum Ronggowarsito, dan sebagian lagi disimpan di rumah-rumah penduduk. Fosil-fosil yang ditemukan di Situs Patiayam masih tergolong utuh dan hal tersebut menjadi salah satu faktor yang menyebabkan situs Patiayam dan fosilnya istimewa. Situs Patiayam merupakan salah satu situs purba yang lengkap karena di situs tersebut sudah ditemukan fosil manusia purba dan perlengkapannya serta hewan vertebrata dan invertebrata.

Situs purba Patiayam telah ditetapkan menjadi warisan cagar budaya pada tahun 2005 lalu oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah. Beberapa fosil yang ditemukan di situs ini kebanyakan adalah fosil-fosil hewan purba sperti kerbau, gajah, buaya, kura-kura, babi hutan, kerang laut, dan juga kudanil. Karena begitu banyaknya fosil yang ditemukan di situs ini, sebuah bangunan khusus juga telah didirikan sebagai tempat penyimpanan fosil dari Patiayam, yaitu Museum Fosil Patiayam yang masih sangat sederhana.
Museum ini terletak tidak jauh dari lokasi situs Patiayam, dan hingga saat ini fosil yang ada di museum tersebut diperkirakan mencapai 13.000 fosil dengan usia antara 700.000 sampai 1.000,000 tahun. Sebagai situs prasejarah, pengunjung yang datang ke tempat ini akan merasakan suasana purba dengan menjelajahi situs purbakala yang luas ini. Di tempat ini pengunjung dan wisatawan bisa mempelajari kebudayaan purba Indonesia.

Untuk menemukan situs ini tidaklah sulit karena situs ini sendiri terletak di Gunung Muria yang setiap waktu banyak dikunjungi wisatawan. Dengan jarak hanya sekitar 18 km dari kota Kudus, pengunjung bisa menggunakan moda transportasi apapun untuk mencapai lokasi ini. Jangan lewatkan kuliner khas Kudus seperti Soto Ayam Kudus, atau jika ingin berbelanja jangan lewatkan untuk mampir di Pasar Kliwon atau Shoping Centre Jepara.

0 comments:

Post a Comment