Thursday, January 1, 2015

Menikmati Tempat Liburan Terbaik di Pulau Selayar

Tak ada tempat liburan terbaik selain berlibur di sebuah pulau terisolasi yang sepi namun mempunyai potensi alam yang indah, dan tempat semacam itu banyak bertebaran di Indonesia, salah satunya adala Pulau Selayar yang menawarkan kombinasi pantai pasir putih, air laut yang jernih, serta area hutan tadah hujan yang mempesona. Pulau yang mempunyai panjang sekitar 80 kilometer ini merupakan pintu masuk menuju Taman Nasional Taka Bonate.
Pulau Selayar merupakan sebuah pulau yang masuk ke wilayah Propinsi Sulawesi Selatan, dan sudah dikenal sejak lama bahkan sejak era Majapahit, seperti disebutkan di Kitab Negarakertagama yang menyebutkan bahwa di masa lalu Pulau Selayar terdapat sebuah kerajaan. Tetapi terlepas dari hal tersebut, Pulau Selayar menawarkan berbagai hal dan aktivitas yang menarik dan sayang untuk dilewatkan ketika mengunjungi salah satu objek wisata terbaik di Sulawesi Selatan ini.
Pulau Selayar mempunyai potensi laut yang kaya seperti terumbu karang yang berwarna-warni, berbagai macam jenis ikan, spons raksasa, dan salah satu gugusan karang di Pulau Selayar, yaitu Taka Bonate merupakan gugusan karang atau atol terbesar ketiga di dunia, setelah Kepulauan Marshall dan Maladewa. Selain potensi laut, Selayar juga mempunyai potensi lain yang tak kalah unik, seperti penemuan berbagai artefak kuno, termasuk sebuah gendang terbesar di dunia yang disebut Gendang Dongson. Gendang ini diperkirakan sudah berusia kurang lebih 2.000 tahun.
Jika mengunjungi Selayar, jangan lewatkan juga untuk mengunjungi beberapa pulau di sekitarnya seperti Pulau Baloiya yang merupakan salah satu habitat hewan tarsius dan celeng. Wisawatan juga bisa melakukan aktivitas snorkeling di Pantai Pinang. Jangan lewatkan juga kesempatan menyaksikan Gendang Dongson yang mempunyai diameter 115 cm dengan tinggi 95 cm. Untuk bisa menyaksikan gendang tersebut, wisatawan bisa mengunjungi Museum Tunggal yang berlokasi di Bontobangun.
Untuk mengunjungi Pulau Selayar tidaklah sulit. Wisatawan bisa berangkat dari Makassar menuju kota Tanjung Bira dan dilanjutkan perjalanan dengan kapal feri menuju Selayar selama kurang lebih dua jam. Perjalanan via udara juga bisa dipilih jika ingin merasakan pengalaman yang lain dengan menggunakan pesawat kecil SMAC yang berangkat dari Makassar. Namun wisatawan harus memperhatikan jadwal penerbangan karena pesawat ini hanya terbang tiga kali seminggu yaitu pada Selasa, Kamis, dan Jum'at. 
Selain pemandangan yang menarik, wisatawan bisa mencicipi kuliner khas Selayar yaitu menu Nasi Santan, sebuah olahan nasi yang dimasak dengan menggunakan santan. Selain itu juga terdapat berbagai macam olahan hasil laut seperti ikan bakar baronang, dan hasil-hasil laut yang lainnya. 

3 comments: