Monday, June 20, 2016

Sensasi Berpetualang di Rumah Para Hobit

Hobbit merupakan salah satu makhluk mirip manusia tetapi dengan postur tubuh yang lebih pendek namun memiliki kecepatan lari yang luar biasa. Popularitas Hobbit menjadi semakin populer karena serial "The Hobbit" dan "Lord of the Rings" karangan J.R.R. Tolkien. Sebagai tokoh dalam sebuah kisah fiksi fantasi, banyak yang mengira bahwa Hobbit hanyalah makhluk fantasi semata. Namun, penemuan di Nusa Tenggara Timur, di sebuah gua bernama Liang Bua menunjukkan fakta lain. Hobbit benar-benar ada.
Gua dengan ukuran cukup besar ini sangat dikenal di kalangan masyarakat Flores, bahkan gua ini pernah digunakan sebagai aktifitas belajar mengajar dan beribadah. Liang Bua menjadi terkenal di seluruh dunia setelah ditemukannya fosil manusia di kedalaman enam meter. Fosil yang diberi nama Homo Florensis ini berbeda dengan fosil-fosil manusia purba lainnya, karena berukuran lebih kecil daripada ukuran manusia modern.
Nah, bagi para wisatawan penggemar wisata sejarah, tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tujuan wisata selanjutnya. Tak perlu ke Selandia Baru untuk menikmati sensasi tempat tinggal Hobbit, karena Hobbit ternyata tinggal di Indonesia. Di Liang Bua, para wisatawan bisa melakukan penelusuran ke dalam gua dengan cara berjalan kaki. Tentunya hal ini akan memberikan sensasi yang berbeda karena pengunjung bisa dengan leluasa menikmati pemandangan baik di luar atau di dalam gua.
Yang perlu diperhatikan bagi para wisatawan adalah tidak ada restoran di dekat gua, jadi wisatawan akan lebih baik jika membawa perbekalan sendiri, baik itu makanan atau minuman. Namun ingat agar sampah dibawa kembali dan dibuang di tempat yang telah disediakan. Selain itu, akses menuju gua cukup sempit, cukup untuk satu mobil saja. Kondisi alam yang berbukit-bukti juga harus diperhatikan untuk keselamatan.
Selain tidak ada restoran di dekat lokasi gua, hotel juga terletak di Ruteng, jauh dari lokasi. Namun hal ini tentunya bisa menjaga kealamian dan keaslian lokasi sehingga sensasi seolah-olah kembali ke masa lampau masih bisa dinikmati oleh wisatawan. Meskipun terletak di tempat yang cukup terpencil, Liang Bua masih bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan roda empat, meskipun hanya muat satu mobil saja. 

Rute lengkapnya yaitu, dari Kota Ruteng, ibukota Kabupaten Manggarai, berjarak kurang lebih 14 km. Jalur menuju Liang Bua biasanya dilewati oleh kendaraan-kendaraan seperti bemo atau truk. Bagi wisatawan, cara terbaik adalah menggunakan mobil pribadi atau sewaan, atau bisa juga motor taksi. 

0 comments:

Post a Comment