Saturday, November 29, 2014

Menikmati Sepotong Surga di Green Canyon

Selama ini masyarakat Indonesia lebih mengenal nama Grand Canyon sebagai salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Amerika, akan tetapi karena lokasinya yang sangat jauh dan membutuhkan banyak persiapan, hanya sedikit dari masyarakat Indonesia yang mampu menyaksikan secara langsung keindahan dari lembah kuno tersebut. Akan tetapi, tak perlu khawatir karena di Indonesia juga terdapat sebuah lembah yang tak kalah menarik dari Grand Canyon tersebut, bahkan namanya pun hampir mirip yaitu Green Canyon. Green Canyon ini terletak di Desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat.
Nama Green Canyon konon diberikan oleh seorang wisatawan asal Perancis yang menyaksikan banyaknya lumut dan air yang ada di tempat itu. Oleh warga sekitar, tempat ini disebut sebagai "Cukang Taneu" atau Bahasa Sunda untuk Jembatan Tanah. Memang ada jembatan yang terbuat dari tanah di tempat ini yang menghubungkan dua tebing kembar di atas sungai. Keunikan yang sangat sulit ditemukan di tempat lain, dan tentunya akan menjadikan Green Canyon ini sebagai destinasi wisata terbaik untuk menghabiskan liburan bersama keluarga dan orang-orang terdekat.
Oleh para wisatawan yang pernah mengunjungi tempat ini, "Sepotong Surga" adalah yang sering digunakan untuk menggambarkan tempat ini. Green Canyon sangat bersih, tidak ada sampah berserakan, bahkan puntung rokok sekalipun. Untuk menikmati Green Canyon, bisa menggunakan perahu-perahun yang sudah disiapkan dan kemudian aktivitas susur sungai akan menunjukkan lebih dalam keindahan Green Canyon. 
Sebagai salah satu tujuan wisata populer dan terbaik yang ada di Jawa Barat, tempat ini sudah dikelola dengan baik. Wisatawan bisa menemukan banyak warung-warung makan yang menawarkan menu masakan khas Sunda. Selain itu juga banyak terdapat warung-warung yang menyediakan suvenir untuk para pengunjung. Letaknya yang tidak jauh dari Pangandaran, membuat tempat ini sayang untuk dilewatkan begitu saja. 

Sebagai tambahan, jangan lupa bawa kamera dan juga perlengkapan yang penting lain seperti jaket yang tahan air, dan juga tas kering untuk menyimpan barang-barang elektronik. Gunakan sepatu khusus karena medannya cukup licin mengingat banyaknya lumut di tempat ini. Dan pengunjung sebaiknya mematuhi peraturan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Obyek wisata Green Canyon buka setiap hari mulai pukul 07.00 pagi kecuali hari Jum'at yang mulai dibuka pada pukul 13.00 siang.

0 comments:

Post a Comment