Sunday, November 9, 2014

Menelusuri Surga Tersembunyi di Banyuwangi

Sebagai tempat yang berada di wilayah paling timur di Pulau Jawa, Banyuwangi memang kurang terekspos dalam hal pariwisata, padahal banyak tempat di Banyuwangi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah surga tersembunyi yaitu Kalibaru, yang merupakan salah satu tempat liburan terbaik di Banyuwangi.
Kalibaru mungkin belum sepopuler Kawah Ijen atau Pulau Merah, tetapi tempat ini bisa memberikan alternatif bagi para wisatawan yang ingin merasakan sensasi berbeda ketika berlibur di Banyuwangi. Kalibaru merupakan wisata alam yang akan memanjakan mata dan menyegarkan pikiran karena potensi alamnya yang indah. 
Kalibaru merupakan wilayah yang berada dalam ketinggian 428 m dari permukaan laut dan terletak di kecamatan paling barat wilayah Banyuwangi. Di Kalibaru, pengunjung akan menikmati pesona alam dari beberapa gunung yang mengelilingi wilayah tersebut yaitu Gunung Gending, Gunung Terong, Gunung Raung, Gunung Gumitir, dan juga Gunung Menyan.
Keadaan tersebut menyebabkan wilayah Kalibaru mempunyai iklim yang sejuk, bahkan cenderung dingin. Seringnya kabut yang turun ke wilayah itu juga membuat pemandangan semakin menarik. Meskipun berada di dataran tinggi, pemandangan yang ditawarkan tidak melulu hanya pegunungan karena tempat ini juga mempunyai area persawahan yang terhampar luas. 
Di Kalibaru juga terdapat beberapa objek wisata berupa air terjun yang bernama Air Terjun Wonorejo serta sebuah terowongan kereta api Merawan yang merupakan peninggalan Belanda. Pengunjung bisa menikmati terowongan ini dengan menggunakan Lori, sejenis kereta kecil yang menyusuri terowongan yang menghubungkan Banyuwangi dan Jember ini.

Pengunjung tidak perlu khawatir dengan fasilitas umum karena Kalibaru telah diresmikan sebagai Kecamatan Wisata sehingga fasilitas umum seperti rumah-rumah makan telah tersedia di Kalibaru. Pengunjung juga bisa menginap di rumah-rumah warga untuk menikmati keindahan Kalibaru sepuasnya.

1 comments:

  1. tourist destinations are presented differently from other regions who are in Banyuwangi,,, need to be visited
    hopefully pleasing,, thank you for your visit.

    destinasi wisata yang disuguhkan berbeda dengan daerah lain yang berada di kabupaten Banyuwangi,,,perlu dikunjungi
    semoga berkenan,,terima kasih atas kunjungan anda.

    ReplyDelete