Thursday, November 13, 2014

Menengok Pesona Vihara Tertua di Jakarta Barat

Jakarta dengan segala kemajuan modernitasnya mungkin memang tidak banyak menawarkan sesuatu yang bisa menawarkan sesuatu yang 'klasik', tetapi dengan sedikit usaha tempat ini mungkin akan menjadi salah satu tempat liburan terbaik yang bisa dihabiskan di tengah-tengah hiruk pikuk kota Jakarta, yaitu dengan mengunjungi Vihara Dharma Bhakti yang merupakan vihara tertua di daerah Jakarta Barat.
Vihara berusia sekitar 350 tahun ini berdiri di area seluas 3000 m2 dan merupakan yang tertua dari tiga vihara tertua di Jakarta yang masih berfungsi. Vihara ini dibangun pada tahun 1650, dan pertama kali diberi nama Vihara Koan Im Teng. Meskipun sempat terbakar pada tragedi pembantaian etnis Tionghoa pada tahun 1740, vihara ini kemudian dibangun kembali pada tahun 1755. Vihara ini termasuk unik karena digunakan oleh beberapa penganut Taois, Confucianis, dan juga Budha Mahayana.
Berdekatan dengan Vihara Dharma Bhakti juga terdapat dua vihara lain yang bisa ditempuh hanya dengan jalan kaki karena memang letaknya tidak berjauhan satu sama lain. Vihara tersebut adalah Vihara Tanda Bhakti dan Vihara Dharma Jaya. Ketiga vihara tersebut mempunyai ciri khas masing-masing sehingga dipastikan pengunjung tidak akan merasa bosan. 

Sebagai destinasi wisata yang berupa wisata religi, di tempat ini banyak dijumpai peminta-minta yang menunggu belas kasihan pengunjung. Tetapi pengelola vihara menghimbau pada pengunjung tidak memberi sumbangan langsung pada pengemis tersebut karena pengelola sudah menyediakan tempat khusus bagi orang yang beribadah untuk memberi sumbangan. Sebagai tempat yang berlokasi di Jakarta, tidak terlalu sulit untuk menemukan kompleks vihara ini, karena vihara ini terletak di Jl. Kemenangan III no. 13 (Petak 9) Glodok, Jakarta Barat. 

1 comments:

  1. Unik dan menarik. Usianya sudah 350 tahun, lama banget.

    ReplyDelete