Tuesday, November 11, 2014

Menghabiskan Waktu di Pulau Tropis Terbaik di Asia

Sebagai wilayah yang terdiri dari kumpulan-kumpulan pulau besar ataupun kecil, Indonesia mempunyai potensi yang besar dalam hal wisata alam terutama wisata pantai, laut, ataupun pulau. Yang perlu dilakukan hanyalah merawat aset tersebut karena pulau-pulau yang begitu banyak ini sudah mempunyai potensi yang luar biasa. Maka, tak heran apabila di Indonesia banyak terdapat gugusan pulau-pulau indah yang menawarkan beragam potensi, seperti Pulau Anambas yang menjadi salah satu gugusan pulau tropis di Asia, dan tempat ini akan menjadi salah satu tempat terbaik menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau orang-orang terdekat.
Pulau yang secara admnistratif masuk ke dalam wilayah Kepulauan Riau ini terletak di laut lepas, tepatnya di perairan Laut Tiongkok Selatan, bahkan perairan terluar dari Pulau Anambas merupakan lalu lintas laut internasional dan selalu dilalui kapal-kapal internasional. Pulau Anambas merupakan gugusan pulau yang terdiri dari kumpulan pulau-pulau yang berjumlah sekitar 255 pulau, dan menariknya baru sekitar 26 pulau saja yang sudah berpenghuni. Gugusan Pulau Anambas oleh CNN dikatakan sebagai tempat wisata yang paling sering dikunjungi, melebihi tempat-tempat wisata populer lain di Asia seperti Koh Chang yang ada di Thailand, Langwaki di Malaysia, dan bahkan Halong Bay di Vietnam.
Berada di Pulau Anambas, banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti mengunjungi pulau-pulau yang tersebar dengan perahu atau melakukan diving. Dinas Pariwisata yang terletak di Kota Terempa akan memberi pengunjung beragam informasi dan hal-hal terkait dengan wisata di Pulau Anambas. Beberapa pulau yang biasa dikunjungi wisatawan antara lain adalah Pulau Penjalin, Pulau Selat Rangsang, Pulau Durai, Pulau Bawah, dan juga Pulau Tanjung Momong.

Untuk mencapai Pulau Anambas, transportasi yang paling efisien adalah menggunakan transportasi udara. Berangkat dari mana saja dengan tujuan di Tanjung Pinang di Pulau Bintan, dan diteruskan dengan penerbangan selanjutnya yang menuju Bandara Matak yang terletak di Kecamatan Palmatak. Tiket penerbangan ke Bandara Matak ini sekitar Rp 1.200.000.  Dari Bandara Matak perjalanan akan berlanjut ke pelabuhan dan berlayar ke Pulau Anambas. Pilihan transportasi melalui laut juga tersedia dengan rute Tanjung Pinang - Letung - Tarempa dengan harga tiket Rp 310.000 dan jadwal keberangkatan pada hari Minggu. 

Sebagai salah satu tujuan wisata terbaik di Asia, fasilitas umum di Pulau Anambas terbilang lengkap. Wisatawan bisa membeli oleh-oleh di pusat oleh-oleh yang menyediakan beragam oleh-oleh dari kuliner dan juga kerajinan, seperti Kain Cual, yaitu kain tenun asli Pulau Anambas. Bagi wisatawan yang juga hobi berburu kuliner, kuliner di Pulau Anambas didominasi produk olahan hasil laut tetapi tentu saja wisatawan akan merasakan pengalaman dan sensasi yang berbeda karena cita rasa yang ditawarkan pasti berbeda dengan kuliner olahan hasil laut di tempat lain.

Intinya, gugusan Pulau Anambas sebagai gugusan pulau terbaik di Asia adalah pilihan wisata terbaik yang akan memberikan pengalaman dan sensasi berbeda dengan tempat-tempat lain yang pernah dikunjungi.

0 comments:

Post a Comment