Sunday, November 30, 2014

Pantai Ora Sekeping Surga di Indonesia Timur

Sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, Indonesia mempunyai banyak sekali wisata alam berupa pantai yang indah dan merupakan tempat liburan terbaik yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Pantai Ora yang terletak di Maluku Tengah. Wilayah Indonesia Timur memang terkenal salah satunya karena potensi pantainya yang indah dan sangat memanjakan mata, dan di Maluku Tengah, Pantai Ora merupakan salah satu tujuan wisata terbaik yang belum banyak diketahui dan karena itu pantai ini laksana surga tersembunyi di Indonesia Timur.
Pantai Ora terletak di Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah. Keindahan pantai ini tak kalah meskipun disandingkan dengan pantai-pantai terkenal lain dari seluruh dunia sekalipun, karena Pantai Ora mempunyai potensi biota laut yang lengkap, berupa terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni yang bisa dilihat langsung dari atas air karena airnya yang begitu jernih. Ditambah letaknya yang jauh dari hiruk pikuk keramaian menjadikan Pantai Ora sebagai tempat terbaik untuk mengembalikan pikiran, bahkan bisa menjadi tempat yang sempurna bagi mereka yang ingin berbulan madu.
Wisata pantai erat kaitannya dengan resort dan cottage, begitupun dengan Pantai Ora yang mempunyai banyak resort yang bisa dijadikan tempat menikmati pemandangan pantai, karena resort-resort di Pantai Ora ini terletak langsung di atas perairan laut. Tak perlu khawatir ombak karena perairan laut di Pantai Ora sangat tenang. Biaya untuk menikmati resort di Pantai Ora tidak dihitung per malam tetapi per orang dan berubah disesuaikan dengan musimnya, dengan tarif antara Rp 1.000.000 sampai Rp 1.500.000 per hari.
Harga tersebut sudah termasuk biaya transportasi dari Pelabuhan Tulehu ke Ora Beach Resort dan makan tiga kali sehari. Harga tersebut bisa ditawar jika datang dalam rombongan. Dan sebaiknya hubungi pihak pengelola terlebih dahulu untuk melakukan booking. Untuk menuju Pelabuhan Tulehu dari Bandara Pattimura Ambon bisa ditempuh dengan kendaraan umum kemudian dengan speed boat untuk menuju Pelabuhan Amahai dengn tarif Rp 150.000 (VIP) dan Rp 92.000 (ekonomi). Waktu tempuh dari Amahai ke Tulehu sekitar 2 jam.

Pengunjung bisa membawa bekal makanan karena tidak ada warung atau restoran di Pantai Ora karena semuanya telah disediakan oleh pengelola resort. Selain itu bagi wisatawan yang menggemari olahraga snorkling agar tidak melakukan kegiatan itu di wilayah perairan dangkal karena dikhawatirkan merusak koral. Membawa peralatan snorkling sendiri akan lebih nyaman karena belum terdapat fasilitas snorkling yang ditawarkan dari pihak resort. Selebihnya, Pantai Ora merupakan salah satu alternatif destinasi wisata terbaik di Indonesia Timur.


0 comments:

Post a Comment