Sunday, November 30, 2014

Menikmati Indahnya Taman Wisata Alam Buyan Buleleng

Pulau Dewata memang tak pernah habis pesonanya, baik wisata budaya maupun wisata alamnya yang memang sudah terkenal ke seluruh dunia. Selain wisata pantai yang sudah terkenal, Pulau Dewata juga mempunyai wisata alam berupa taman wisata alam yang memukau seperti salah satunya Taman Wisata Alam Buyan, Buleleng.
Menikmati taman wisata ini seolah lepas dari hiruk pikuk ramainya pantai karena taman wisata alam ini mempunyai tiga buah danau eksotis yaitu Danau Buyan, Danau Beratan, dan Danau Tamblingan. Kondisi alamnya dan danau yang masih asri juga memberikan pasokan air bersih bagi warga sekitar, dan bagi wisatawan yang berkunjung ke taman wisata alam di Buyan, Buleleng ini persiapkan stamina karena ada banyak tempat yang bisa dinikmati, atau pengunjung bisa memilih satu ekosistem untuk dinikmati sebagai pilihan tempat wisata terbaik, seperti ekosistem perairan, hutan-tanaman, atau hutan-alam.
Dari ketiga danau yang ada di taman wisata alam tersebut, Danau Tamblingan merupakan danau yang paling kecil, tetapi danau ini mempunyai keistimewaan tersendiri karena di tepi danau ini terdapat banyak pura yang menjadikan pemandangan lebih eksotis. Menurut cerita yang berkembang, Danau Tamblingan dijaga oleh warga dari empat desa, yaitu Desa Munduk, Desa Gobleg, Desa Gesing, dan Desa Umerejo pada era abad ke-10 hingga abad ke-14. Konon air di Danau Tamblingan ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, maka di sekitar danau banyak terdapat pura, seperti Pura Tukang Timbang dan Pura Embang yang merupakan peninggalan masa sebelum abad ke-10.
Sebagai salah satu tujuan wisata terbaik di Pulau Bali, taman wisata alam Buyan - Danau Tamblingan menawarkan berbagai fasilitas seperti wisata kuliner khas Bali seperti Lawar, Timbungan Ayam, atau Sayur Ares yang berbahan dasar batang pohon pisang. Beberapa penginapan juga memberikan fasilitas restoran sekaligus untuk memberi kemudahan bagi para pengunjung yang datang ke taman wisata alam Buyan - Danau Tamblingan ini. 
Untuk mencapai tempat ini pengunjung membutuhkan waktu kurang lebih sekitar tiga jam dari Bandara Ngurah Rai menuju Kebun Raya Bedugul ditambah 15 menit dari Kebun Raya menuju ke lokasi. Sebagai tambahan, di sekitar lokasi juga terdapat banyak homestay jika pengunjung ingin menikmati keindahan alam di Buyan - Danau Tamblingan lebih lama.

0 comments:

Post a Comment