Tuesday, December 2, 2014

Menikmati Jernihnya Danau Kaco yang Bersinar di Kegelapan

Danau Kaco yang berada di wilayah Propinsi Jambi, tepatnya di Desa Sempur, Kabupaten Kerinci yang termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) ini bisa dijadikan salah satu alternatif tempat liburan terutama bagi pecinta wisata alam karena Danau Kaco terletak di ketinggian sekitar 1289 mdpl menjadikan danau ini sangat cocok bagi wisatawan maupun para pendaki gunung. Selain itu danau yang tidak begitu besar (30 x 30 m) ini mempunyai keunikan yang belum bisa dipecahkan oleh para peneliti.
Para peneliti belum bisa menentukan kedalaman Danau Kaco, meskipun air Danau Kaco ini sangat jernih. Usaha peneliti untuk mengetahui kedalaman danau ini selalu gagal karena tabung oksigen selalu habis sebelum penyelam mencapai dasar danau. Selain itu, danau ini akan memancarkan sinar kebiruan yang indah di malam hari terutama di malam bulan purnama. Fenomena inipun belum bisa diketahui secara pasti penyebabnya.
Dengan keunikan tersebut rasanya Danau Kaco merupakan salah satu tempat liburan terbaik yang bisa dihabiskan untuk menyegarkan kembali pikiran; lokasi danau yang cukup sulit dilalui akan memberikan sensasi dan pengalaman tersendiri, namun danau tersebut mampu memberikan obat lelah yang manjur karena danau ini memang sangat indah. Danau dengan air sebening kaca ini akan menyambut siapapun yang sudah bersusah payah menempuh jalur sulit; dan ribuan ikan endemik Kerinci yaitu Ikan Semah yang bisa dilihat dari atas permukaan danau.
Banyak wisatawan yang berkemah di sekitar danau untuk menikmati keindahan danau di malam hari, terutama malam bulan purnama. Untuk berjaga-jaga, pengunjung sebaiknya mengenakan sepatu bot karena jalur yang dilalui untuk menuju danau selalu basah dan becek. Sepatu bot juga akan melindungi kaki dari gigitan pacet atau lintah yang biasanya berada di tempat basah. Sepatu atau sandal gunung juga cukup nyaman untuk digunakan mengingat jalur yang bervariasi. Serta jas hujan akan cukup membantu.

Jika pengunjung ingin merasakan olahan ikan semah, pengunjung bisa menikmati olahan ikan semah di rumah makan yang berada di dekat Danau Kerinci. Juga jangan lewatkan Sate Padang serta olahan makanan ringan khas Kerinci yaitu Dodol Kentang dan Sirup Kayu Manis. Olahan makanan ringan tersebut juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Kerinci.

Untuk mencapai Danau Kaco, dari Jambi membutuhkan waktu yang cukup panjang; 8-10 jam dari Jambi menuju Kota Sungai Penuh yang dilanjutkan perjalanan selama 90 menit menuju Desa Lempur.Setelah itu pengunjung bisa menggunakan minibus lokal yang beroperasi sekitar pukul tiga sore atau mungkin dengan kendaraan pribadi. Jika membutuhkan jasa pemandu sekaligus transportasi, pengunjung bisa menghubungi Komunitas Jelajah Kerinci melalui akun twitter @JelajahKerinci.

0 comments:

Post a Comment