Wednesday, December 17, 2014

Menikmati Sisi Lain Yogyakarta di Desa Wisata Kalibiru

Jika banyak wisatawan menganggap bahwa wisata Yogyakarta hanyalah seputar Merapi, Malioboro, Kraton, Prambanan, ataupun Parangtritis, mulailah untuk bergeser ke sebelah barat kota Yogyakarta, tepatnya di Kulon Progo dimana deretan Pegunungan Menoreh terbentang panjang dengan gagah. Deretan Pegunungan Menoreh merupakan daratan tinggi yang menjadi perbatasan wilayah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta dengan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. 
Di deretan pegunungan inilah Waduk Sermo berada, sebuah waduk raksasa di dataran tinggi yang merupakan salah satu waduk terbaik di Indonesia. Juga Goa Kiskenda, goa yang disebut dalam epos Ramayana sebagai kraton dari kera Subali dan Sugriwa. Tak ketinggalan pula puncak Suroloyo, yang dari atas puncak Suroloyo pengunjung bisa menyaksikan pemandangan spektakuler landscape Merapi - Merbabu, Candi Borobudur, Sindoro - Sumbing, hingga Pantai Selatan.
Namun itu belumlah semua, masih ada satu lagi tempat yang akan semakin membuat wisatawan berdecak kagum betapa Yogyakarta mempunyai obyek wisata yang lengkap; Desa Wisata Kalibiru. Desa Wisata Kalibiru terletak di Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, dengan ketinggian kurang lebih sekitar 450 mdpl, sehingga nyali pengunjung akan benar-benar diuji di tempat ini, terutama kendaraan harus dalam kondisi prima.
Namun semua itu akan terbayar ketika telah sampai di Kalibiru; pemandangan eksotis akan terbentang luas tepat di depan mata. Jika beruntung, wisatawan bisa bertemu dengan penghuni asli seperti Elang Jawa yang gagah, Harimau Jawa dan Harimau Kumbang, ataupun Ayam Alas. Selain itu, Desa Wisata Kalibiru juga mempunyai fasilitas Flying Fox. Desa Wisata Kalibiru berjarak kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota Yogyakarta ke arah barat dengan lama perjalanan paling lama sekitar 1,5 jam.

Sebagai tempat liburan terbaik yang masih tergolong baru, Desa Wisata Kalibiru sangat direkomendasikan masuk ke dalam daftar wisata. Fasilitas juga tergolong cukup lengkap, seperti cottage, tempat parkir ataupun Flying Fox. Tiket masuk ke Desa Wisata Kalibiru Rp 2000/orang.

0 comments:

Post a Comment