Friday, December 12, 2014

Megahnya Air Terjun Telun Berasap

Banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat liburan terbaik ketika anda berada di Pulau Sumatra, salah satunya adalah Taman Nasional Kerinci Seblat yang di dalamnya terdapat berbagai tempat menarik yang bisa dikunjungi, seperti Air Terjun Telun Berasap yang megah. Air terjun ini berlokasi di Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Air Terjun Telun Berasap terletak cukup tersembunyi di lebatnya kedalaman hutan Taman Nasional Kerinci Seblat, sehingga suara gemuruhnya terdengar indah membelah kesunyian hutan.
Air Terjun Telun Berasap mempunyai ketinggian kurang lebih sekitar 50 meter, sehingga menciptakan kabut air di sekitar lokasi air terjun, sehingga air terjun tersebut dinamakan Air Terjun Telun Berasap. Kabut air tersebut juga akan menciptakan pelangi di sekitar air terjun yang menambah air terjun ini semakin indah. Di tebing yang cukup dekat dengan jatuhnya air, terdapat sebuah goa yang belum pernah ada orang yang berhasil masuk ke goa tersebut karena derasnya air terjun.
Sebuah pondok kecil terdapat di lokasi yang cukup tinggi yang memungkinkan bagi anda untuk menikmati salah satu wisata terbaik di Sumatra ini dengan pemandangan yang berbeda; atau anda juga bisa mendaki ke atas air terjun. Namun untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini anda harus cukup bersabar karena perjalanan yang ditempuh cukup jauh.
Dari pusat kota Jambi menuju Kota Sungai Penuh yang berjarak sekitar 500 km membutuhkan waktu kurang lebih 10 jam dengan perjalanan darat. Atau jika anda berangkat dari Padang, jarak yang ditempuh kurang lebih 287 km menuju Sungai Penuh yang menghabiskan waktu sekitar 7 km. Sementara perjalanan akan dilanjutkan dari Sungai Penuh ke Desa Telun Berasap yang berjarak 60 km, dan 300 meter berjalan menuju lokasi air terjun, dan menaiki beberapa tangga.
Sebagai tempat wisata yang terletak di kedalaman hutan, anda tidak akan menemukan penginapan atau guest house di lokasi, tetapi penginapan dan guest house bisa ditemukan di Kota Sungai Penuh, meskipun bukan hotel berbintang. Akan tetapi hal itu tidak menjadi masalah karena selain pemandangan yang indah, kuliner di Sungai Penuh menawarkan menu yang sayang untuk dilewatkan seperti beras payo, dendeng beteko, kacang tojin, atau menikmati kopi dan teh kayu aro yang sangat terkenal.

0 comments:

Post a Comment