Wednesday, December 3, 2014

Mengenal Budaya Indonesia Lebih Dekat di Taman Nusa Bali

Jakarta mungkin mempunyai Taman Mini Indonesia Indah yang di dalamnya terdapat pengetahuan tentang seluruh kebudayaan asli Indonesia, akan tetapi Bali juga mempunyai Taman Nusa, sebuah tempat yang sangat bagus untuk mempelajari tentang seni arsitektur bangunan khas Indonesia, serta perkembangan arsitektur Indonesia dari masa ke masa. Tempat ini bisa dijadikan sebagai alternatif liburan terbaik yang bisa disinggahi ketika sedang berada di Pulau Bali.
Taman Nusa yang baru dibuka pada 10 Juli 2013 lalu ini terletak di Desa Sidan, Gianyar, Bali dengan luas keseluruhan mencapai 15 hektar. Taman ini terletak di tempat yang sangat indah, karena mempunyai latar belakang pegunungan hijau, areal persawahan yang luas, hutan, serta sebuah sungai yang dikenal dengan nama Sungai Melangit. Bagi penggemar wisata seni, Taman Nusa bisa menjadi salah satu tempat wisata terbaik yang bisa dikunjungi di Bali.
Salah satu yang menarik dari Taman Nusa ini adalah Kampung Budaya, yaitu salah satu bagian di dalam Taman Nusa yang menampilkan 60 jenis rumah-rumah tradisional yang terlihat indah karena ditata dengan sedemikian rupa. Rumah-rumah tradisional tersebut merupakan rumah-rumah tradisional dari berbagai suku yang ada di Indonesia, bahkan terdapat pula contoh bangunan yang sudah terkena pengaruh kebudayaan asing, seperti Cina, Arab, dan juga Eropa.
Sebagai salah satu tujuan wisata yang belum lama beroperasi, pihak pengelola Taman Nusa berencana akan mendatangkan orang-orang dari berbagai suku yang ada di Indonesia untuk dijadikan karyawan. Selain itu, sanggar dan tempat untuk pementasan seni tradisional juga akan dibangun di Taman Nusa ini. Sampai saat ini di dalam Taman Nusa terdapat auditorium, ruang pameran, toko suvenir, tempat istirahat, sanggar, dan juga restoran yang menawarkan menu-menu dari berbagai daerah di Indonesia, serta restoran yang menyajikan menu-menu internasional.
Taman Nusa sangat cocok dikunjungi oleh para pelajar untuk mengenal lebih dekat kebudayaan Indonesia dari sisi yang lain, ataupun sebagai tempat liburan terbaik yang bisa dikunjungi oleh keluarga. Tempatnya tidak sulit dijangkau, hanya membutuhkan waktu paling lama satu jam dari pusat kota Denpasar menuju Gianyar. Tidak sulit menemukan Gianyar, karena Gianyar sudah terkenal dengan potensinya antara lain Ubud, dan pemandangan sawah bertingkat yang sudah terkenal juga banyak ditemukan di Gianyar. Informasi lebih lengkap tentang Taman Nusa Bali bisa mengunjungi web resminya di sini. (Photo: taman-nusa.com)

0 comments:

Post a Comment