Monday, December 22, 2014

Eksotisme Lembah Harau Bukittinggi

Lembah Harau yang berada di Bukittinggi, Sumatra Barat ini merupakan salah satu lembah terindah di Indonesia, dan bahkan dijuluki Lembah Yosemite Indonesia karena keindahan lembah ini tak kalah dengan Taman Nasional Yosemite yang berada di California, Amerika. Lembah Harau merupakan tempat liburan terbaik yang akan memanjakan mata karena pemandangannya begitu indah; batu granit berwarna-warni dengan tinggi bervariasi antara 100 sampai 500 meter.
Lembah Harau terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Propinsi Sumatra Barat, berjarak kurang lebih 138 km dari kota Padang, dan 47 km dari Bukittinggi. Untuk mencapai Lembah Harau tidaklah terlalu sulit karena transportasi umum telah tersedia, terutama bagi wisatawan yang datang dari Bukittinggi; perjalanan akan memakan waktu sekitar satu jam dari Bukittinggi.
Sebagai tempat liburan terbaik, Lembah Harau tidak hanya menawarkan pemandangan tebing-tebing tinggi menjulang, tetapi juga air terjun yang dinamakan Air Terjun Sarasah Bunta. Selain Sarasah Bunta, masih ada tiga air terjun lain yaitu Air Terjun Sarasah Aie Luluih yang mempunyai kolam di bawahnya dan menurut kepercayaan masyarakat membasuh air kolam dari Sarasah Aie Luluih akan membuat awet muda. Juga masih ada Air Terjun Sarasah Murai, yang sering digunakan burung Murai mandi. 
Lembah Harau merupakan wilayah cagar alam seluas 669 hektar, dan beberapa penelitian di Lembah Harau menemukan bahwa Lembah Harau ini di masa lalu adalah lautan, karena di Lembah Harau ditemukan batuan yang identik dengan bebatuan yang ditemukan di dasar laut. Tetapi terlepas dari penelitian itu, Lembah Harau merupakan tempat yang ideal bagi penggemar olahraga ekstrim panjat tebing; dengan kemiringan mencapai 90 derajat membuat tantangan semakin besar.

Bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi Lembah Harau, jangan lupakan kamera karena setiap titik di Lembah Harau merupakan titik yang sayang untuk dilewatkan. Juga jangan lewatkan nikmatnya masakan khas Padang yang kaya akan rempah-rempah, dan yang pasti Lembah Harau akan menjadi tempat liburan terbaik yang bisa dikunjungi.

0 comments:

Post a Comment