Monday, December 8, 2014

Menikmati Sejuknya Udara Alami Kota Curup

Kota Curup merupakan ibukota Kabupaten Rejang Lebong, Propinsi Bengkulu yang terletak di dataran tinggi dengan ketinggian yang bervariasi antara 100 sampai 1000 meter dari permukaan laut. Terletak di pegunungan yang sangat terkenal Bukit Barisan, Kota Curup menawarkan pemandangan khas pegunungan dan menawarkan udara segar nan alami khas pegunungan.
Kabupaten Rejang Lebong secara umum merupakan pemasok terbesar bahan makanan seperti sayuran ataupun beras ke hampir seluruh pelosok Sumatra, dan sejauh mata memandang, hamparan permadani hijau terbentang begitu luas. Selain produk pertanian, produk-produk perkebunan seperti kopi dan karet juga dihasilkan di wilayah ini. Dengan udara yang sejuk, kawasan ini memang sangat cocok sebagai kawasan pertanian dan perkebunan.
Sebagai kawasan yang berudara cukup dingin, Kota Curup memiliki obyek wisata yang menarik, yaitu Suban Air Panas yang mempunyai sumber air langsung dari pegunungan sehingga airnya terasa sangat segar. Bagi penggemar kegiatan mendaki, Kota Curup pun mempunyai jalur pendakian yang disebut Bukit Kaba, yang tidak terlalu ekstrim dan cocok untuk mengamati keindahan alam sekitar. Bahkan pengunjung bisa mengamati lahar dan kawah yang bisa berubah warna.
Kota Curup juga mempunyai air terjun yang disebut Talang Rimbo dan sebuah danau yang bernama Danau Mas Harun Bastari. Akan tetapi bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Kota Curup sebaiknya mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, karena kondisi jalan yang berkelok-kelok dan cenderung kurang baik. Obat-obatan pribadi akan sangat dibutuhkan, terutama jika wisatawan adalah orang yang mudah mabuk perjalanan.
Sebagai tempat yang memiliki udara dingin, sebaiknya wisatawan membawa perlengkapan seperti jaket tebal untuk menjaga tubuh agar tetap hangat. Jangan lupakan kuliner khas yang mudah dijumpai di Kota Curup, seperti sambal tempoyak atau gulai umbut. Untuk mencapai Kota Curup tidaklah sulit, karena Bandara Fatmawati Bengkulu langsung terhubung dengan bandara-bandara lain di kota besar Indonesia. Dari bandara ke Kabupaten Rejang Lebong sekitar 85 kilometer. Pengunjung bisa memilih menggunakan jasa taksi atau travel. 
Beberapa orang lebih menyukai menggunakan travel karena bisa berhenti di sembarang tempat, dan travel jurusan Bengkulu-Kota Curup membutuhkan biaya kurang lebih Rp 40.000. Tentunya pilihan ada di tangan wisatawan. Yang pasti, Kota Curup merupakan salah satu tujuan wisata terbaik yang bisa menjadi alternatif di Propinsi Bengkulu.


2 comments:

  1. Pasti sejuk banget. Mau dong ke situ.

    ReplyDelete
  2. makasih infonya... :) senang banget bisa liat rumah kayu

    ReplyDelete