Monday, December 8, 2014

Menyibak Pesona Banyuwangi

Banyuwangi, kota di ujung timur pulau Jawa tersebut memang unik dan mempesona; seakan merupakan kombinasi yang luar biasa dari Bali, Jawa, dan Madura yang membuat Banyuwangi mempunyai potensi lengkap dalam hal pariwisata, seperti ungkapan "dari timur terbit cahaya." Juga dalam kekayaan budaya, dimana salah satu suku tua masih eksis sampai sekarang yaitu Suku Osing yang mempunyai kebudayaan yang menarik untuk dipelajari.
Banyuwangi merupakan salah satu tempat liburan terbaik yang bisa dijadikan sebagai tujuan utama, karena banyaknya tujuan wisata di tempat ini, beberapa diantaranya bahkan mempunyai tantangan tersendiri bagi para penggemar wisata petualangan. Hutan-hutan mistis seolah merupakan surga tersembuyi, pantai dengan ombak kelas dunia yang sering digunakan untuk kegiatan berselancar, padang rumput yang luas, kawah Gunung Ijen yang unik, ataupun tempat penyu berkembang biak. Semuanya ada di Banyuwangi.
Wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi tak perlu bingun untuk mengunjungi mana tempat yang harus dikunjungi pertama kali, karena manapun obyek yang dikunjungi pertama kali tetap memberikan kesan dan pengalaman yang berbeda dan menarik. Padang rumput luas yang biasanya hanya ditemukan di Afrika pun bisa dijumpai di Banyuwangi, yang menjadi habitat bagi hewan-hewan eksotis seperti Banteng Jawa, Merak, Rusa, hingga predator macam Macan Tutul.
Sementara bagi wisatawan yang ingin mengalami sensasi sedikit mistis, Taman Nasioanal Alas Purwo bisa menjadi pilihan yang tepat, atau Taman Nasional Meru Betiri. Singkatnya, sangat mudah untuk menikmati pesona Banyuwangi, bahkan wisatawan pun bisa mencari info lengkap tentang Banyuwangi melalui aplikasi smartphone berbasis Android yang bernama "Banyuwangi Tourism." 

Sebagai salah satu wisata terbaik di Jawa Timur, obyek wisata di Banyuwangi juga menawarkan kuliner khas Banyuwangi yang tentunya sayang untuk dilewatkan, yaitu Rujak Soto yang merupakan kombinasi dari Rujak Cingur dan Soto Babat. Dan tentunya masih banyak pilihan menu yang lain seperti Sego Tempong, Sego Cawuk, Sate Kalak, Pecel Pitik, dan lain-lain. (Foto: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi).

1 comments:

  1. Wow sangat menakjubkan. Ini juga koleksi pesona di langit yang sangat indah.

    ReplyDelete