Saturday, December 6, 2014

Uniknya Ombak Kidal di Pantai Lakey NTB

Satu lagi destinasi wisata terbaik yang ada di Indonesia, khususnya wisata pantai yaitu Pantai Lakey yang ada di Nusa Tenggara Barat yang mempunyai keunikan yang dijamin sangat sulit untuk dijumpai di pantai-pantai lain di seluruh dunia. Pantai Lakey mempunyai ciri khas yang sangat unik yaitu mempunyai sapuan ombak ke kiri, bukan ke kanan seperti kebanyakan pantai-pantai lainnya. Pantai Lakey sudah terkenal bagi para surfers dari luar negeri karena pantai ini merupakan salah satu pantai dengan ombak terbaik.
Pantai Lakey terletak di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Sebagai salah satu titik surfing terbaik, wilayah Pantai Lakey juga mempunyai hembusan angin yang kuat sehingga tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat olahraga kite surfing. Pemandangan sekitar pantai juga indah sehingga membuat Pantai Lakey sangat cocok dijadikan destinasi utama bagi para wisatawan yang hanya ingin bersantai menikmati pesona pantai yang lain daripada yang lain.
Ombak kidal di Pantai Lakey terbilang stabil dan tidak terpengaruh oleh musim, sehingga tempat ini sudah beberapa kali menjadi tuan rumah ajang perlombaan selancar tingkat dunia. Oleh para peselancar, terdapat empat jenis ombak di Pantai Lakey ini yaitu Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, dan Periscope. Bagi wisatawan yang tidak bisa berselancar, jangan khawatir karena masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Lakey ini.
Airnya yang jernih sangat mendukung untuk melakukan kegiatan snorkeling, meskipun harus berhati-hati karena ombaknya yang cukup ganas, dan batu karang yang banyak tersebar di sekitar pantai. Apabila wisatawan menginginkan sedikit nuansa berpetualang, di dekat Pantai Lakey terdapat sebuah goa peninggalan Jepang, ataupun menelusuri situs kuno, Situs Nangasia yang konon sudah berusia kurang lebih 4.500 tahun sebelum masehi. 
Sebagai persiapan, wisatawan bisa mempersiapkan sunblock bagi mereka yang tidak ingin kulitnya terbakar matahari karena berlama-lama di bawah sinar matahari, atau topi juga akan membantu. Bulan April hingga Oktober adalah waktu yang paling baik untuk menikmati Pantai Lakey ini, dan biasanya banyak wisatawan yang tinggal beberapa waktu di kawasan pantai ini. Fasilitas umum juga sudah ada seperti hotel, meskipun Pantai Lakey ini terletak di lokasi yang cukup terpencil.
Dari Bandara Muhammad Salahuddin perjalanan menuju Bima akan membutuhkan waktu sekitar dua jam, kemudian dilanjutkan dengan menyewa mobil seharga Rp 600.000 untuk menuju Kabupaten Dompu. Jika wisatawan ingin menggunakan bus, biaya yang dikenakan sekitar Rp 50.000. Dari pusat kota Dompu membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit menuju Pantai Lakey.

0 comments:

Post a Comment